Senin, 16 Januari 2012

Apa itu statistik deskriptif dan statitik inferensi?

Mungkin sudah banyak yang mendengar istilah statistik deskriptif dan statistik inferensi. Tapi apa sih sebenarnya maksud dari dua istilah tersebut?

Statistik deskriptif lebih berpusat pada penjelasan mengenai karakteristik data dan biasanya disajikan dalam ukuran-ukuran statistik seperti mean ,median, simpangan baku dan lainnya. Selain itu juga bisa disajikan melalui tabel, diagram pie,histogram,kurva dan lainnya. Melalui statistik deskriptif data lebih mudah untuk dibaca dan dimengerti.

Sedangkan statistik inferensi terdiri dari dua bagian umum yaitu pengujian hipotesis dan penaksiran parameter. Setelah data dikumpulkan maka dilakukan analisis data menggunakan berbagai macam metode statistik yang sesuai lalu menginterpretasi hasil analisis tersebut.Statistik inferensi mengolah data dari sampel dan melakukan pengujian atau melakukan pendekatan terhadap nilai atau karakter dari suatu populasi. Sebagai contoh pengujian rata-rata, korelasi,regresi ,Anova dan lainnya merupakan statistik inferensi.

Statistik deskriptif dan inferensi saling melengkapi satu dan lainnya. Jadi sekarang sudah bisa kan membedakan kedua istilah tersebut? tetap semangat :)

5 komentar:

  1. Terimakasih atas post sehingga jadi masukan buat saya

    BalasHapus
  2. terima kasih di atas pencerahan ini.
    -dari Kuala Lumpur

    BalasHapus
  3. thanks ya guys .. sehingga dapat tambahan buat gua dengan isi blog ini

    BalasHapus
  4. bagaimana dengan persamaan statistika deskriptif dengan statistika inferensi?

    BalasHapus
  5. Berarti persamaannya apa donk?

    BalasHapus